pmb.sv.ugm.ac.id
Tentang UGM    Portal Akademik    IT Center    Perpustakaan    LPPM    Webmail
PENGUMUMAN
Pendampingan Pendaftaran Jalur PBU SV UGM 2016
Sekolah Vokasi Rilis Trailer Film Fiksi Ilmiah Tengkorak dalam VEOH 2016
Pendidikan Vokasi, Upaya Tingkatkan Kualitas SDM di Era Kompetisi
Gandeng Jepang, SV UGM Gelar Simposium Internasional
  Pengumuman lain





FACEBOOK


TWITTER

PBUTM | PBUK | PBUB | PBUSMAK

PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu)


PBUTM SV 2016

Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 6 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun. Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester 1 (satu) hingga semester 5 (lima) atau nilai rapor semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) (bagi SMK empat tahun) atau hingga semester 4 (empat) untuk siswa kelas akselerasi, dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.

 

1. Syarat Umum

  • Pada tahun ajaran 2015/2016 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/MAK/SMK.
  • Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau nilai rapor semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK empat tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4 (empat).
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya

 

2. Syarat Khusus

  • Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun. Atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
  • Siswa dengan kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
  • Pengusulan disertai dengan mengunggah hasil scan dokumen:
    • Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK empat tahun. Atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
    • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun. Atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
    • Bukti prestasi terbaik di jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada).
    • Kartu Keluarga (C1).
    • Surat keterangan penghasilan orangtua/wali. Khusus pegawai negeri atau swasta yang disahkan oleh Bendaharawan Gaji Pegawai. Khusus pekerja sektor informal/wiraswata surat keterangan penghasilan disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 (enam) bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali.
    • Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).
    • Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet dan pembayaran PBB (bila ada, untuk tiga bulan terakhir). Apabila listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.

 

3. Prosedur Pendaftaran

  • Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUTM berhak untuk memilih 2 (dua) Program Studi pilihan, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  • Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran.
  • Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN dengan kode pembayaran yang diperoleh setelah mengunci data.
  • Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran.
  • Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas, sesuai jadwal yang ditentukan.