pmb.sv.ugm.ac.id
Tentang UGM    Portal Akademik    IT Center    Perpustakaan    LPPM    Webmail
PENGUMUMAN
Vokasi UGM 4 kali Beruntun Pertahankan Gelar Juara Umum PORSENIGAMA
Mengatasi Website Rawan di Hack, Sekolah Vokasi UGM Gelar Pelatihan Keamanan Server dan Jaringan
Departemen THV Meriahkan Stand Bioresources Technology and Veterinary dalam The 10th Global RCE Conference and Exhibition 2016
Mahasiswa SV UGM Juarai English Debate Competition di Olimpiade Ilmiah Vokasi Nasional (OIVN) 2016
  Pengumuman lain





FACEBOOK


TWITTER

PBUTM | PBUK | PBUB | PBUSMAK

PBUK (Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan)


PBUK SV merupakan bentuk kepedulian terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan dengan UGM, yang ditunjukkan dengan adanya perjanjian kerjasama antara mitra dengan UGM. Ditujukan kepada putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah.

Peserta yang berasal dari luar instansi yang disebutkan dibawah ini tidak akan diverifikasi. Berikut ini adalah daftar instansi yang melakukan perjanjian kerjasama kemitraan dengan UGM yang meliputi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dibuktikan dengan MoU/naskah perjanjian kerjasama yang masih berlaku yaitu :

 

NO.  NAMA MITRA

  1. Pemerintah Provinsi Riau
  2. Pemerintah Kota Batam
  3. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas
  4. Yayasan Pendidikan Cendana Riau (Chevron)
  5. Pemerintah Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan
  6. Yayasan Pupuk Sriwijaya
  7. Yayasan Pupuk Kaltim
  8. Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra PT. Badak NGL
  9. Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir
  10. Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu
  11. Pemerintah Kabupaten Siak
  12. PERTAMINA Foundation Jakarta
  13. Pemerintah Kota Sawahlunto
  14. Pemerintah Kabupaten Ngawi
  15. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
  16. Pemerintah Kabupaten Nias Utara
  17. Pemerintah Kabupaten Dairi
  18. SAMPOERNA Foundation
  19. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau
  20. Pemerintah Kabupaten Meranti
  21. Pemerintah Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu
  22. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara
  23. Pemerintah Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah

A. Persyaratan Peserta

Syarat Umum

  • Pada Tahun Ajaran 2016/2017 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/MAK/SMK.
  • Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat). Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4 (empat).
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Syarat Khusus

 

  • Siswa harus diusulkan oleh mitra yang bekerjasama dengan UGM (ditunjukkan dengan Perjanjian Kerja Sama yang masih berlaku).
  • Pengusulan disertai dengan mengunggah hasil scan dokumen:
  1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
  2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa berprestasi.
  3. Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar:
    • biaya pendidikan sampai selesai;
    • kontribusi subsidi silang
  4. Nota kesepahaman/nota kerjasama (MoU) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku.

 

B. Prosedur Pendaftaran

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUK berhak untuk memilih 2 (dua) Program Studi pilihan, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN dengan kode pembayaran yang diperoleh setelah mengunci data.
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas, sesuai jadwal yang ditentukan.